sd

sd

Sabtu, 10 Januari 2015

Profil Perpustakaan

PROFIL PERPUSTAKAAN 
SDN 2 RAJAMANDALAKULON

A.     LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. “Salah satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah Perpustakaan Sekolah”. Yang memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, sedangkan dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional yang baru nomor 20 tahun 2003 pasal 45 tidak secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana  yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, sosial, emusional dan kejiwaan peserta didik. Secara implisit perpustakaan termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka pengadaanya harus memenuhi ketentuan tersebut.
Dengan memperhatikan Undang-Undang tersebut maka Perpustakaan Sekolah perlu ditumbuh kembangkan dan diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu Perpustakaan SDN 2 Rajamandalakulon berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan dalam Pengelolaan Perpustakaan. Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan peran Perpustakaan SDN 2 Rajamandalakulon perlu diperhatikan hal-hal antara lain :
a.       Kondisi gedung/ruang perpustakaan.
b.      Petugas pengelola / Sumber daya Manusia.
c.       Bahan koleksi dan pengolahanya.
d.      Sumber dana.
Dengan didukung gedung/ruang perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang handal akan mempercepat terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan. Perpustakaan sekolah akan lebih bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencarai, menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


B.     TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Selain untuk mengaktualisasi UU No.2 Tahun 1989 Pasal 35 tersebut, Perpustakaan Sekolah mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar para pendidik, para tenaga kependidikan  dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan yang dipelajari.



C.     FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagai mana surat keputusan Nomor 108/1981 tentang Pokok-pokok kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut Surat Keputusan tersebut Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai berikut :
1.      Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.
2.      Sebagai pusat penelitian sederhana.
3.      Sebagai pusat sarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca.
4.      Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik.
5.      Sebagai tempat rekreasi.
6.      Sebagai Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDOKINFO).


D.    VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN SDN 2 RAJAMANDALAKULON

1.      Visi Perpustakaan :

“ Menjadikan Perpustakaan sebagai tempat rujukan untuk mengali potensi diri”.

2.      Misi Perpustakaan :
a.       Meningkatkan fungsi perpustakaan sebagai tempat yang nyaman, menarik dan menyenagkan.
b.      Menyediakan informasi yang cepat, hemat dan aktual.
c.       Menumbuhkan dan membangkitkan minat baca.
d.      Menjadikan sebagai pusat belajar bagi peserta didik melaui media audio visual.
e.       Melaksanakan jasa perpustakaanyang mengedepankan perkembangan teknologi.

E.     SARANA DAN PRASARANA

Perpustakaan SDN 2 Rajamandalkulon telah mempunyai sarana dan prasarana pendukung yang cukup memadai untuk keberadaann sebuah perpustakaan sekolah. Namun masih harus ditingkatkansehingga menjaddi sebuah perpustakaan yang representative yang mampu melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang. Sarana dan Prasarana tersebut adalah :

1.      Gedung/Ruangan.
NO.
JENIS
VOL
1.
Gedung /Ruangan
1 Unit
2.
Luas Bangunan
56 M2
3.
Luas ruang pelayanan :
a.       Ruang koleksi
b.      Ruang baca
c.       Ruang layanan sirkulasi

4
Kapasitas pengunjung
30 Orang

2.      Peralatan dan Perlengkapan.
NO
NAMA BARANG
JUMLAH
KET
1
Meja sirkulasi
1
Ada
2
Rak buku satu muka
1
Ada
3
Rak buku dua muka
2
Ada
4
Rak Majalah
1
Ada
5
Rak Koran
-
Ada
6
Meja Baca
20
Ada
7
Meja Kerja Petugas
1
Ada
8
Komputer
2
Ada
9
Scaner Barcode
2
Ada
10
Speker aktif
1
Ada
11
Karpet
2
Ada
12
Stempel Perpustakaan
3
Ada
13
Printer
1
Ada
14
Kipas Angin
2
Ada

3.      Kelengkapan Administrasi.

NO
JENIS LAPORAN
JUMLAH
KET
1
Buku Pengunjung
1
Ada
2
Buku Peminjam
1
Ada
3
Buku Tamu
1
Ada
4
Buku Induk Perpustakaan
1
Ada
5
Papan Statistik
1
Ada
6
Kartu Anggota

Ada
7
Label Buku

Ada
8
Barcode Buku

Ada
9
Lembar tanggal kembali

Ada
10
Buku Laporan Keuangan
1
Ada

4.      Koleksi  Buku Perpustakaan.

NO
JENIS KOLEKSI
JUMLAH EKS
1
Buku Fiksi
200
2
Buku Teks
2065
3
Buku Referensi
2050
4
Buku Paket
1743
5
Surat Kabar
125
6
Majalah
42

Jumlah Koleksi
6225


5.      Koleksi Bukan Buku.

NO
JENIS KOLEKSI
JUMLAH
1
Peta
50
2
Globe
4
3
Alat Peraga
83
4
CD Interaktif
113

JUMLAH
250


F.     STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN
1.      Kepala Sekolah                       : Siti Hindun, S.Pd
2.      Kepala Perpustakaan               : Deni Nurzaman, A.Ma.Pust.
3.      Bagian Administrasi                : Cecep Lukmanul Hakim
4.      Bagian Layanan                      : Lilis Suryani, S.Pd.
5.      Bagian Teknis                          : Elis Ernawati, S.Pd





                                                                                                Rajamandala, 2 Januari 2014
                                                                                                       Kepala Perpustakaan      

                                                                                                                  TTD


                                                                                                    Deni Nurzaman,A.Ma.Pust







Tidak ada komentar:

Posting Komentar