PROFIL PERPUSTAKAAN
SDN 2 RAJAMANDALAKULON
A. LATAR BELAKANG
Berdasarkan
Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional
dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana
tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang
diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar yang bersangkutan. “Salah
satu sumber belajar yang amat penting tetapi bukan satu-satunya adalah
Perpustakaan Sekolah”. Yang memungkinkan para tenaga pendidik, tenaga
kependidikan dan para peserta didik memperoleh pengetahuan, sedangkan dalam
Undang-Undang Pendidikan Nasional yang baru nomor 20 tahun 2003 pasal 45 tidak
secara implisit menyebutkan bahwa “agar setiap satuan pendidikan formal dan non
formal menyediakan sarana dan prasarana
yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan
perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, sosial, emusional dan
kejiwaan peserta didik. Secara implisit perpustakaan termasuk dalam pengertian
sarana dan prasarana pendidikan, maka pengadaanya harus memenuhi ketentuan
tersebut.
Dengan memperhatikan
Undang-Undang tersebut maka Perpustakaan Sekolah perlu ditumbuh kembangkan dan
diberdayakan sesuai amanat tersebut, oleh karena itu Perpustakaan SDN 2
Rajamandalakulon berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan dalam
Pengelolaan Perpustakaan. Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan fungsi
dan peran Perpustakaan SDN 2 Rajamandalakulon perlu diperhatikan hal-hal antara
lain :
a.
Kondisi gedung/ruang perpustakaan.
b.
Petugas pengelola / Sumber daya Manusia.
c.
Bahan koleksi dan pengolahanya.
d.
Sumber dana.
Dengan didukung gedung/ruang
perpustakaan yang memadai serta petugas pengelola yang handal akan mempercepat
terwujudnya tujuan dan fungsi perpustakaan. Perpustakaan sekolah akan lebih
bermanfaat jika benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses pembelajaran
disekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya tingginya prestasi peserta
didik, tetapi lebih jauh lagi, antara lain peserta didik mampu mencarai,
menemukan, menyaring dan menilai informasi, terbiasa belajar sendiri, terlatih
bertanggung jawab, serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
B. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Selain untuk
mengaktualisasi UU No.2 Tahun 1989 Pasal 35 tersebut, Perpustakaan Sekolah
mempunyai tujuan utama yaitu membantu proses belajar mengajar disekolah agar
para pendidik, para tenaga kependidikan
dan para peserta didik mendapat kemudahan dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan yang dipelajari.
C. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
Perpustakaan Sekolah juga mempunyai fungsi yang sangat strategis sebagai
mana surat keputusan Nomor 108/1981 tentang Pokok-pokok kebijakan Pembinaan dan
Pengembangan Perpustakaan di Indonesia. Menurut Surat Keputusan tersebut
Perpustakaan Sekolah mengembangkan fungsi sebagai berikut :
1.
Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.
2.
Sebagai pusat penelitian sederhana.
3.
Sebagai pusat sarana belajar mandiri dan meningkatkan minat baca.
4.
Meningkatkan wawasan dan pengetahuan peserta didik.
5.
Sebagai tempat rekreasi.
6.
Sebagai Pusat Dokumentasi dan Informasi (PUSDOKINFO).
D. VISI DAN MISI PERPUSTAKAAN SDN 2 RAJAMANDALAKULON
1.
Visi Perpustakaan :
“ Menjadikan
Perpustakaan sebagai tempat rujukan untuk mengali potensi diri”.
2.
Misi Perpustakaan :
a.
Meningkatkan fungsi perpustakaan sebagai tempat yang nyaman, menarik dan
menyenagkan.
b.
Menyediakan informasi yang cepat, hemat dan aktual.
c.
Menumbuhkan dan membangkitkan minat baca.
d.
Menjadikan sebagai pusat belajar bagi peserta didik melaui media audio
visual.
e.
Melaksanakan jasa perpustakaanyang mengedepankan perkembangan teknologi.
E. SARANA DAN PRASARANA
Perpustakaan SDN 2 Rajamandalkulon telah mempunyai sarana dan prasarana
pendukung yang cukup memadai untuk keberadaann sebuah perpustakaan sekolah.
Namun masih harus ditingkatkansehingga menjaddi sebuah perpustakaan yang
representative yang mampu melayani para pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan
teknologi yang terus berkembang. Sarana dan Prasarana tersebut adalah :
1.
Gedung/Ruangan.
NO.
|
JENIS
|
VOL
|
1.
|
Gedung /Ruangan
|
1 Unit
|
2.
|
Luas Bangunan
|
56 M2
|
3.
|
Luas ruang
pelayanan :
a. Ruang koleksi
b. Ruang baca
c. Ruang layanan
sirkulasi
|
|
4
|
Kapasitas
pengunjung
|
30 Orang
|
2.
Peralatan dan Perlengkapan.
NO
|
NAMA BARANG
|
JUMLAH
|
KET
|
1
|
Meja sirkulasi
|
1
|
Ada
|
2
|
Rak buku satu
muka
|
1
|
Ada
|
3
|
Rak buku dua
muka
|
2
|
Ada
|
4
|
Rak Majalah
|
1
|
Ada
|
5
|
Rak Koran
|
-
|
Ada
|
6
|
Meja Baca
|
20
|
Ada
|
7
|
Meja Kerja
Petugas
|
1
|
Ada
|
8
|
Komputer
|
2
|
Ada
|
9
|
Scaner Barcode
|
2
|
Ada
|
10
|
Speker aktif
|
1
|
Ada
|
11
|
Karpet
|
2
|
Ada
|
12
|
Stempel
Perpustakaan
|
3
|
Ada
|
13
|
Printer
|
1
|
Ada
|
14
|
Kipas Angin
|
2
|
Ada
|
3.
Kelengkapan Administrasi.
NO
|
JENIS LAPORAN
|
JUMLAH
|
KET
|
1
|
Buku Pengunjung
|
1
|
Ada
|
2
|
Buku Peminjam
|
1
|
Ada
|
3
|
Buku Tamu
|
1
|
Ada
|
4
|
Buku Induk
Perpustakaan
|
1
|
Ada
|
5
|
Papan Statistik
|
1
|
Ada
|
6
|
Kartu Anggota
|
|
Ada
|
7
|
Label Buku
|
|
Ada
|
8
|
Barcode Buku
|
|
Ada
|
9
|
Lembar tanggal
kembali
|
|
Ada
|
10
|
Buku Laporan
Keuangan
|
1
|
Ada
|
4.
Koleksi Buku Perpustakaan.
NO
|
JENIS KOLEKSI
|
JUMLAH EKS
|
1
|
Buku Fiksi
|
200
|
2
|
Buku Teks
|
2065
|
3
|
Buku Referensi
|
2050
|
4
|
Buku Paket
|
1743
|
5
|
Surat Kabar
|
125
|
6
|
Majalah
|
42
|
|
Jumlah Koleksi
|
6225
|
5. Koleksi Bukan Buku.
NO
|
JENIS KOLEKSI
|
JUMLAH
|
1
|
Peta
|
50
|
2
|
Globe
|
4
|
3
|
Alat Peraga
|
83
|
4
|
CD Interaktif
|
113
|
|
JUMLAH
|
250
|
F.
STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN
1. Kepala Sekolah :
Siti Hindun, S.Pd
2. Kepala Perpustakaan :
Deni Nurzaman, A.Ma.Pust.
3. Bagian Administrasi :
Cecep Lukmanul Hakim
4. Bagian Layanan :
Lilis Suryani, S.Pd.
5. Bagian Teknis :
Elis Ernawati, S.Pd
Rajamandala, 2 Januari 2014
Kepala Perpustakaan
TTD
Deni Nurzaman,A.Ma.Pust
Tidak ada komentar:
Posting Komentar